Pengertian Cerita Fantasi




Cerita fantasi adalah sebuah genre cerita yang berbentuk khayalan, angan-angan atau imajinasi pengarang yang diceritakan dalam alur normal.
Biasanya cerita ini memang sedikit dilebihkan dalam membangun setting, penokohan atau konflik yang tidak realistis. Malah hal itu yang membuat genre ini menonjol bahkan disukai banyak orang.

Ciri umum cerita fantasi

Ada beberapa ciri-ciri yang masuk dalam klasifikasi umum cerita fantasi berikut ini:

Ada unsur keajaiban atau keanehan di dalam cerita

Unsur yang paling dominan dalam genre fantasi adalah adanya sebuah keajaiban, misterius serta keanehan dalam plot cerita yang dibangun.
Berbagai keajaiban tersebut merupakan rekaan penulis yang biasanya mengambil tema magis, supranatural atau futuristik.

Menggunakan latar yang bervariasi

Unsur lain yang mendukung genre cerita fantasi adalah penggunaan latar yang bervariasi yakni merujuk kehidupan sehari-hari atau latar yang tidak ada dalam dunia realistis. Bisa pula diceritakan menembus dimensi ruang dan waktu.

Tokoh yang memiliki kesaktian atau keunikan

Tokoh dalam cerita biasanya memiliki watak atau kekuatan yang istimewa. Mereka melewati kejadian yang eksklusif misalnya tokoh Harry Potter yang memiliki kemampuan sihir dan mengalami banyak kejadian luar biasa di sekolah sihir Hogwarts.

Memiliki sifat fiksi

Rangkaian cerita fantasi biasanya memiliki sifat fiktif, ilusif atau fantastis. Bisa pula cerita tersebut menggunakan latar atau obyek dalam kehidupan nyata atau dipengaruhi oleh legenda atau mitos yang banyak berkembang di masyarakat.

Bahasa yang digunakan

Para pengarang fantasi biasanya menggunakan bahasa yang beragam, ekspresif dan menonjol. Ragam percakapan tidak baku membangun alur cerita yang menarik.

Jenis cerita fantasi

Berikut ini, beberapa jenis cerita fantasi yang mungkin perlu diketahui.

Fantasi total dan irisan(sebagian)

Fantasi total adalah cerita yang dibangun penulis merupakan cerita yang total tidak menggunakan kehidupan di dunia nyata seperti The Lord of The Rings.
Fantasi sebagian atau irisan adalah cerita yang memerlukan latar, obyek atau nama dalam kehidupan nyata yang bercampur dengan kehidupan fantasi.

Fantasi sezaman dan lintas waktu

Fantasi sezaman adalah jenis cerita yang menggunakan satu masa misalnya masa kini, masa lampau atau futuristik.
Sedangkan fantasi lintas waktu adalah cerita yang menggunakan dua latar yang berbeda baik masa kini dengan masa prasejarah atau menggabungkan dengan unsur futuristik.
Banyak sekali cerita fantasi yang ada di dunia mampu menuai kesuksesan secara finansial karena cara membangun plot imajinatif yang memukau.
Dengan memahami pengertian, unsur umum serta jenis fantasi akan memberikan informasi untuk para penulis yang tertarik membidik genre favorit pembaca ini.
Beberapa cerita fantasi yang telah sukses di layar lebar antara lain The Hunger Games, Harry Potter, Trilogi the Lord of the Rings, Narnia, dan lain sebagainya. Selain itu ada beberapa film animasi dengan isi cerita fantasi seperti Doraemon, Upin Ipin, Si Unyil, Kelarga Pak Somat, dan Adi dan Sopo Jarwo.
Buku fenomenal seri Harry Potter, Twilight, The Hunger Games, The Lord of The Rings atau Chronicles of Narnia adalah contoh beberapa cerita fantasi yang mendunia.
Cerita tersebut begitu menghipnotis sehingga diangkat ke layar lebar yang juga menarik minat banyak penonton.
Indonesia kini semakin membutuhkan generasi yang mampu membuat atau melahirkan karya cerita fantasi yang unik bahka menarik.
Nah, buat adik-adik yang kini sedang mengenyam bangku pendidikan dan suka dengan dunia ini, cobalah berkreasi. Siapa tahu film karyamu bisa laris dipasaran.
Sumber referensi
  1. Masyarakat Linguistik Indonesia. 2006. Linguistik Indonesia. Masyarakat Linguistik Indonesia.
  2. Herman J. Waluyo. 1994. Pengkajian cerita fiksi. Sebelas Maret University Press
  3. Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. PenerbitGarudhawaca
  4. Anonim. 2016. Pengertian, Ciri Umum, Jenis-jenis Cerita Fantasi. Inirumahpintar.com

(Artikel ini copas dari id.Lifeder.com)

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak-Anak Indonesia

Fenomena "Sudah Dibaca Jutaan Kali"

KNIFE, Unforgettable Journey